[Final Exam Series] Fishbone

1. Fishbone  - cover

Fishbone

by azeleza

Cast : Lee Soojung (Baby Soul) [Lovelyz] || Kim Namjoon (Rap Monster) [BTS]

Genre : Romance

Rating : G

Length : ~955 words

◊◊◊ F ◊◊◊

Amplop coklat yang berisi tiga puluh berkas jawaban ujian telah berhasil tersegel rapat. Asisten dosen Mr. Jang menunduk kecil kepada seisi kelas untuk mengundurkan diri dan menjelaskan sekali lagi bahwa Ujian Akhir Semester untuk mata kuliah Manajemen Proyek telah berakhir. Satu langkah setelah asisten dosen tersebut –Kim Sunggyu– keluar dari kelas, Soojung menjatuhkan kepalanya ke atas meja.

“Tamat sudah. Kenapa tadi malam ketiduran, sih?! Agh!!” gerutu Soojung sambil menyetakkan kakiknya.

Ia kesal karena gagal melawan rasa kantuk yang membuatnya baru terbangun pukul lima tadi pagi. Alhasil, ia hanya memiliki waktu tiga jam untuk mempelajari materi ujian sebanyak empat bab –yang satu babnya berisi seratusan halaman di buku acuan dan enam puluh halaman slide materi dari Mr. Jang. Dari lima belas soal pilihan ganda, sepuluh soal benar salah beralasan, dan tujuh soal esai, soal yang berhasil Soojung jawab dengan yakin hanya ada…

“10. Sial sial! Aku tidak mau mengulang!!” Soojung kali ini mengacak-acak rambutnya.

“Kantin yuk, Noona?” Suara berat itu memasuki pendengaran Soojung. Berhasil membuat Soojung berhenti menghancurkan tatanan rambut coklatnya yang sudah berantakan sejak awal karena tidak sempat ia sisir.

“Tidak minat.” Ia menoleh untuk melihat Kim Namjoon menjulang di sebelahnya dengan dahi terlipat.

“Kau pasti menjawab semuanya dengan mudah, kan?” selidik Soojung.

“Jawaban jujur atau jawaban baik?” Namjoon meraih botol minum Soojung, lalu menghabiskan isinya yang tinggal setengah tanpa izin.

Soojung langsung mendelik ketika melihat Kim Namjoon –adik kelasnya saat SMA yang sekarang berada setingkat dengannya di kampus– dan tingkahnya yang semakin tidak sopan. Biarpun begitu Soojung hanya bisa menghela napas. Sudah tahu pasti bahwa jawaban jujur Namjoon adalah sebuah anggukan mantap. Sedangkan jawaban baik adalah pernyataan samar-samar yang intinya adalah: soalnya susah, namun bukan berarti ia tidak bisa menjawabnya, kan?

Orang-orang genius dan otak mereka yang menyebalkan, umpat Soojung dalam hati.

Setelah lagi-lagi gagal dalam perang Menolak Makan di Kantin yang diinisiasi oleh Namjoon, Soojung malah memilih menu makan siang paket ‘kuli’ untuk menenangkan isi hatinya yang kacau balau. Baiklah, sekarang ia juga kalah dalam perang melawan Lapar Mata yang membuatnya melupakan program diet mayo yang baru ia mulai kemarin.

“Wow. Katanya diet?” tanya Namjoon ketika Soojung datang dengan nampan penuh, lengkap bersama kehadiran satu porsi puding coklat di pinggirnya.

“Salahkan laki-laki yang memaksaku makan setelah nilai ujianku sudah dapat dipastikan jelek. Parahnya, laki-laki itu pura-pura tidak bersalah setelah menghabiskan air minumku,” jelas Soojung berusaha sarkastik.

“Maaf, deh. Nanti aku ganti pake bingsoo di café kampus sebelah yang lagi heboh di Instagram,” balas Namjoon di sela-sela kunyahan.

Manik mata Soojung menyorot sosok Namjoon yang sedang makan dengan lahap. Sekon berikutnya ia menyuarakan tawa renyah yang dibuat-buat. “Kalau aku perempuan jahat, aku pasti akan menyodorkan sebuah kertas berisi daftar makanan dan minuman apa saja yang sudah kau janjikan kepadaku. Lengkap dengan kapan kau menyatakan janji itu.” Soojung masih memaku tatapan marahnya pada Namjoon. Yakin seratus persen kalau Namjoon bahkan sudah lupa bahwa kemarin laki-laki itu berjanji akan mengganti kudapan oat meal Soojung dengan satu paket sushi premium di restoran Jepang milik Seokjin yang baru buka bulan lalu.

“…Yay, terima kasih Soojung noona. Kau yang terbaik,” ucap Namjoon sambil menunjukkan ibu jari dan lesung di pipinya.

Malas melanjutkan percakapan –yang kalaupun dilanjutkan pasti hanya akan membuat hati Soojung meradang- Soojung merotasikan bola mata. “Huft, kau optimis dapat A untuk yang tadi, ya?” tanya Soojung, lagi-lagi teringat ujian yang baru saja mereka selesaikan.

Namjoon menggumam sebelum menjawab, “Sepertinya tidak. Aku lupa jawaban untuk soal esai nomor tiga.”

Mendengar balasan Namjoon membuat Soojung nyaris tersedak potongan kimchi. “Bohong?! Itu, kan, gampang? Ishikawa diagram, kau lupa?”

Rasa tidak percaya memenuhi otak Soojung ketika ia melihat Namjoon mengangguk-angguk. Namun, Soojung juga tidak bisa bohong akan kehadiran secuil kesenangan di hatinya ketika tahu bahwa dirinya mampu menjawab soal yang tidak bisa diselesaikan Namjoon. Harga diri seorang senior, mungkin? Atau reaksi manusia pada umumnya ketika mampu lebih unggul daripada orang yang sudah dicap sebagai yang ‘terpintar’?

Pokoknya sekarang, Soojung merasa memiliki alasan untuk sedikit memamerkan kemampuannya kepada Kim Namjoon –Si Pemilik GPA Bernilai Empat.

Cause-and-effect diagram merupakan metode untuk mencari tahu akar dari suatu permasalahan proyek. Biasa disebut juga dengan Ishikawa diagram. Kalau kata Sunggyu sunbae, Ishikawa diagram berbeda dengan 5-whys. Namun, teknis mencari tahunya bisa dengan 5-whys. Bertanya ‘kenapa’ sebanyak lima kali,” Soojung berhenti sebentar untuk menghabiskan teh dinginnya, “Contohnya…Kenapa kau sering mencuri makanan atau minumanku?”

“Aku tidak mencuri!” Namjoon cepat-cepat menambahkan ketika mata Soojung nyaris hilang karena menyipit sangsi, “Hanya ‘tidak izin’. Itu karena aku tertarik dengan makanan dan minumanmu, Noona.”

“Lalu, kenapa kau tertarik dengan makanan dan minumanku?”

“Karena terlihat enak.”

“Kenapa makanan dan minumanku yang terlihat enak?”

“Karena itu punyamu.”

Soojung mengerling sebentar. Masih merasa sangat dirugikan dengan tingkah Namjoon. Juniornya itupun gagal menjelaskan alasan yang cukup logis untuk diterima. “Kenapa memangnya kalau punyaku?” tanya Soojung dengan nada meninggi.

Namjoon tidak mau kalah, namun senyum terbentang di wajahnya. Ia menghentakkan sumpit di samping mangkuk nasi, siap berbicara selantang tentara jantan sejati. “Karena aku suka Noona!”

“Kenapa kau…s-”

Soojung terbatuk. Wajahnya memerah. Semakin lama Soojung semakin kesulitan untuk mencerna udara.

.

..

“Em…Noona…kau menelan tulang ikan, lagi, ya?”

Tangan Soojung berhasil meraih botol kemasan milik Namjoon, membuka tutupnya dengan kasar. Secepat mungkin ia mengisi kerongkongannya dengan air. “Kalau sudah tahu kenapa kau diam saja, sih? Agh, sakit tahu. Belikan aku minum sana!!” perintah Soojung sambil mengelus dada.

Helaan napas yang panjang merupakan balasan dari Namjoon. Kemudian tanpa berkata-kata, laki-laki itu beranjak dari tempat duduk dan berjalan menuju konter minuman. Disertai dengan gelengan kepala, Namjoon hanya bisa mengasihani dirinya.

“Mendapatkan Lee Soojung lebih susah daripada mendapatkan GPA sempurna. Ah, nama lain Ishikawa diagram itu kalau tidak salah…”

Terdiam di tempat dengan agak lama, Namjoon benar-benar tidak habis pikir bahwa strategi pernyataan cintanya malah memiliki nama yang sama dengan… alasan yang membuat strategi tersebut gagal.

Ugh, dasar tulang ikan!

 

◊◊◊ fin ◊◊◊

◊◊◊ A/N ◊◊◊

Ishikawa diagram itu disebut juga dengan Fishbone diagram…Diagram tulang ikan…Ehe :”)

Huaaa, haloo! Aku baru selesai UAS dan gak bisa move on dari soal-soalnya yang super iuh…Trus malah kebawa-bawa, trus ngasilin gombalan super gaje dan ending yang super maksa =_=”

Pokoknya, super iuh sekali #alaOmMarioTeguh

Ini…eng, series? Ada dua cocolan materi kuliahku lagi yang dengan nistanya aku jadiin bahan cerita, hiks. Maafkan kalo gaje :”) Ditunggu jejaknya berupa apapun hihihihi :3

Advertisements

15 thoughts on “[Final Exam Series] Fishbone

  1. “Karena aku suka Noona!”
    Tapi, sayangnya Soojung unnie nggak suka kamu, Namjoon :v :v :v

    Btw, ini pertamakalinya ane baca ff RapSoul (?) dengan bahasa indonesia \ :v /
    Biasanya baca yang bahasa inggris tapi kadang nggak ngerti artinya :v

    Like

    • Iya, yg suka Namjoon mah aku…eaaak wkwkwk XD
      Aku juga baru pertama kali (?), wkwkwk. Sebenernya hati ini lebih mau Soul sama Jin, sampe semedi dulu tadi di bawah meja sebelum dipost :”

      Ih, aku malah jarang baca ff Bahasa inggris…entah kenapa, males buka gugel translet…wkwkwk XD #alesanMacamApaIni

      Btw maaci, Mey udah baca dan komentar :3

      Liked by 1 person

  2. tolong, saya tenggelam di padang gula pasir gara2 fic ini ;~;
    saya officially senyum2 sendiri pas baca fic ini, diksinya juga ;~; huhuhu /mojok/

    setelah sekian lama ngubek2 fic Rapsoul dan akhirnya nemu fic ini itu rasanya… :’3

    Like

    • Hue, asal kamu gak kelelep aja deh gpp :”)
      Diksiku stak disana-sana doang kok gimana :””

      Oh, jadi namanya Rapsoul? Kirain Baby Monster…#eeeeh XD
      Heum, sebenernya…aku jg gak trllu mau mereka jadian #lho? Hue maunya Soul sama Jin, tapi Jin sama JIN, gimana….hatiku ini dilemaaa T.T

      HOIYAA, makasih udah mau baca dan komentar burritown :3

      Like

    • Halo lagi Kimi :”)
      Makasih udah baca ini series yang telantar T.T

      Bukan kreatif itu…gak bisa move on dari soal ujian yg susah :”)

      Ihiks, makasih udah nyengir2 sendiri (?) Semoga gak pas lg makan ikan yah nanti ketulangan :”)

      Huaa, makasih sekali lagi Kimi udah mampir ❤

      Like

  3. Ini di post kapan baca kapan.

    Namjoon x soojung, sama-sama leader yak. Mereka cocok, cuman aku stress aja. Namjoon terlalu pinter soalnya, kaya kak azel/materi ujian dipake buat ff, keren/

    ih manis, aku stress juga. Pokoknya KUSUKA/as always/^^

    Liked by 1 person

    • Huaaaa tak kusangka akan ada jejak lagi di fic BabyMonster iniii wkwkwk. Maaci Anii, kapanpun mah dibacanya gak masalah :”)

      Huaa engga tau itu stres gara2 ujian jg ituuu =_=” kalo udh dikasih yg manis harusnya stresnya berkurang tau niii :3

      Pokoknya MAKASIH BANYAK /as always/ ♡♡♡

      Like

  4. mau nyoba capslock boleh?? 😉
    YAAAAMMMMPPPPUUUUNN ceritanya ringan tapi sedikit berat(?) Soalnya ada materi pelajaran yang rada bikin otak ngehank sejenak(?) 😥

    Btw aku suka banget~ baru baca ff castnya 2 leader rapper ini 😃 lanjutkaaaannnn!!

    Liked by 1 person

    • waduh, IYA BOLEH KOK GPP!
      jadi kayak kacang garuda /bukan iklan/ gitu kali ya ringan tapi enaknya berat /???/ wkwkwk

      MAKASIH IMEL UDAH SUKA DAN KOMEN JUGAK ❤ BABY MONSTER EMANG KIYOW :3

      Like

  5. WHAT? TERNYATA ADA YANG KETINGGALAN, BELUM DIBACA T^T
    Ngebaca fanfict yang ketinggalan ini tuh menjadi berkah tersendiri
    Karena, jadi bisa tau Ishikawa diagram/?
    LOL
    Plus aku senyum-senyum juga sama interaksi mereka
    Apalagi pas pernyataan cintanya gagal, jadi mau ngakak._.
    Tapi jujur aku yang ngebacanya pun ngerasa Namjoon kaya bercanda XD
    Makanya ngga aneh juga kalo Soul sampai nelan tulang ikan gitu wkwk

    Like

Lovelinus, leave a comment pls ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s